cara merawat baterai laptop

Hmmm…. saya hanya ingin sekedar berbagi cara bagaimana cara merawat baterai laptop karena saya tidak ingin teman-teman yang punya laptop baterainya bernasib sama dengan baterai laptop saya… Baterai laptop saya sekarang cuma tahan 10 menit…. !!!! Teman-teman bisa bayangkan bagaimana susahnya kalau baterai laptop sudah bernasib sepert itu. (seandainya saya mendapatkan info ini lebih awal, tentu saya akan merawat beterai laptop saya, hiks hiks hiks).

Baterai laptop itu bersifat habis pakai, yang artinya:

Setiap di charge umurnya berkurang, begitu pula kapasitasnya tahan lamanya. Musuh baterai utama baterai adalah panas, jadi pada kondisi baterai yang sama maka baterai akan cepet habis kalau kepanasan sementara kalau di ruang ac baterai akan lebih tahan.

Baterai tidak bisa dipulihkan, terutama baterai yang bervarian Li-ION or Li-Poli . Tidak sama sekali benar bila baterai bisa dipulihkan dengan cara mendinginkan di kulkas dengan almunium foil kemudian memanaskannya di direct sunlight. Mungkin bisa benar untuk baterai jaman dahulu yang didesain dengan Ni-Cd atau Ni-Mh, tapi saat ini jarang laptop yang pakai tipe baterai tersebut.

Cara merawat baterai laptop :

– Pada saat pertama kali membeli baterai atau laptop baru, baterai dimaksimalkan

kemampuan charge-nya dengan tips-tips sbb:

– Pasang Baterai yang baru ke laptop anda

– Jangan menyalakan Laptop (off mode)

– Pasangkan adaptor stop kontak, kmudian baru dicolokkan ke laptop

– Charge minimal 5 jam (disarankan malam karena suhu udara lebih dingin hehe bagi yang full kipas atau tambah AC dengan suhu 23c)

– Gunakan laptop tanpa dicharge sampai dengan baterai habis benar. Lakukan pengisian dengan off mode sampai full dan menguras daya sampai habis kurang lebih 3x

Setelah itu, pakai baterai secara wajar artinya:

Jangan pakai laptop di tempat tidur, karena selain penyaluran panas di kasur kurang baik, anda juga kemungkinan besar tertidur

– Jangan juga pakai laptop dengan ditaruh di paha anda, penyaluran panas tidak baik plus bisa

bikin paha anda kesemutan juga

– Hanya charge baterai anda bila kondisi baterai <10% , namun bila situasi tidak mengizinkan

minimal charge pada kondisi 60%.

Perawatan Berkala

– Secara teratur 2 bulan sekali, coba anda kosongkan baterai anda dengan menggunakan laptop hingga laptop benar benar mati. kemudian lakukan pengisian full charge (5 jam)

– Bila laptop bakal tidak dipakai selama lebih dari seminggu, charge baterai hingga penuh kemudian lepas baterai dari laptopnya.

– Baterai yang tidak dipakai harap simpan di tempat yang tidak direct sunlight (misal di lemari baju, kolong kasur, jangan disimpan di jemuran apalagi di kulkas (walaupun tidak direct sunlight)

Semoga tips ini bermanfaat untuk anda..

Sumber : tamoy.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: